INFORMASI :

Selamat Datang di Website Desa Tanjungsari Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen "  Dari dan Untuk Masyarakat Tanjungsari " Pelayanan Pukul 07.30 - 15.30 WIB

Kegiatan Bersih Makom/Gombrang Dalam Upaya Melestarikan Budaya Leluhur Desa Tanjungsari Kecamatan Kutowinangun

Kegiatan Bersih Makom/Gombrang Dalam Upaya Melestarikan Budaya Leluhur Desa Tanjungsari Kecamatan Kutowinangun

Tanjungsari Kecamatan Kutowinangun,Minggu 4 April 2021.Sudah menjadi tradisi masyarakat Tanjungsari, bahwasannya bersih kubur atau yang biasa disebut Gombrang/resik kubur merupakan salah satu giat gotong royong masyarakat Tanjungsari.
Seperti kegiatan bersih kubur Minggu pagi ini, di makam Tajuk desa Tanjungsari. Masyarakat bersama-sama membersihkan makam keluarga dan leluhur mereka.
Kegiatan ini biasa dilakukan di bulan Ramadhan mendekati hari Raya Idul Fitri. Kegiatan serupa juga menjadi tradisi di dusun-dusun lain juga namun waktunya yang berbeda.kegiatan bersih kubur biasa dilakukan menjelang masuk bulan Ramadhan.
Kegiatan bersih kubur ini selain menjaga tradisi gotong royong di masyarakat, juga sebagai bentuk bakti kita kepada makam keluarga dan leluhur kita, juga cerminan membersihkan diri, lingkungan dan hati kita menuju hari raya Idul Fitri, jelas pak Budi Istiyono Kepala Desa Tanjungsari Kecamatan Kutowinangun ini.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter