INFORMASI :

Selamat Datang di Website Desa Tanjungsari Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen "  Dari dan Untuk Masyarakat Tanjungsari " Pelayanan Pukul 07.30 - 15.30 WIB

Sejarah Singkat Desa Tanjungsari ( Aku '38 dan Desaku )

Sejarah Singkat Desa Tanjungsari ( Aku '38 dan Desaku )

Sejarah Singkat Desa Tanjungsari ( Aku '38 dan Desaku )

Desa Tanjungsari adalah sebuah desa yang terletak didalam wilayah Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen, 

Pada jaman dahulu kala, sebelum kemerdekaan nama desa tanjungsari adalah Pengilon yang diambil dari nama tokoh wilayah yaitu mbah pengilon, kemudian mbah pengilon mempunyai 2 orang murid yang bernama manguntapa dan buyut biyanti.

Kemudian masing masing diberikan tugas untuk membagi wilayah pengilon menjadi 2 yaitu wilayah barat dan timur yang dipisahkan oleh tanjung.

Seiring berjalannya waktu setelah mbah pengilon wafat, kedua murid bertemu untuk sepakat bersama sama menjadikan area yang terbagi menjadi satu wilayah dan kemudian setelah menjadi satu dirubahlah nama pengilon menjadi Tanjungsari, tentunya perubahan tersebut memiliki makna yang sangat dalam Tanjung berasal dari asal Tanjung pemisah wilayah terdahulu,sari berasal dari doa simbol kemakmuran bagi desa.

Desa Tanjungsari membawa sejarah kuat bagi Indonesia, salah satunya tokoh ulama desa tanjungsari merupakan pejuang Ansor yang turut serta memperjuangkan kemerdekaan republik Indonesia.

Mungkin hanya sebagian generasi sekarang yang memahami hal tersebut, namun dari cerita sesepuh desa secara panjang lebar menceritakan bahwa ulama dan tokoh tanjungsari merupakan tokoh penting di kabupaten kebumen dalam upaya memperjuangkan kemerdekaan dan sampai dengan mempertahankan keutuhan NKRI pada masa masa lampau.

Cerita sejarah ini tidak tertulis dalam buku sejarah, namun dari sesepuh dan akan aku ceritakan kepada anak anak desa tanjungsari.

Semoga desa Tanjungsari akan terus Lestari

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter