INFORMASI :

Selamat Datang di Website Desa Tanjungsari Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen "  Dari dan Untuk Masyarakat Tanjungsari " Pelayanan Pukul 07.30 - 15.30 WIB

Pasar Sore Ramadhan Pengilon

Pasar Sore Ramadhan Pengilon

Pasar Sore Ramadhan Pengilon

Ngabuburit merupakan sebutan yang hangat di masyarakat saat menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Ngabuburit bermula dari sebuah kata burit dari bahasa sunda, yang berarti sore atau mendekati saat tenggelamnya matahari. Dalam kamus ekabahasa sunda, ngabuburit bermakna menunggu saat berbuka puasa sambil bekerja, bermain, berolahraga semata-mata agar melupakan rasa lapar dan dahaga sampai tiba waktu Maghrib.

 

Dahulu, ngabuburit semacam kegiatan anak-anak yang pergi mengaji ke Mesjid di sore hari pada bulan suci Ramadhan sebagai aktivitas positif untuk menunggu berbuka. Namun sekarang, ngabuburit diisi dengan melancong ke tempat ramai di sekitar lingkungan tempat tinggal atau sekedar berbelanja aneka takjil untuk berbuka puasa.

Di Desa Tanjungsari terdapat lokasi pasar sore setiap Ramadhan yang sudah menjadi tradisi.

Aneka jajanan untuk berbuka puasa disajikan oleh hampir 50 UMKM asli desa Tanjungsari. Walaupun singkat hanya dimulai pukul 16.00 wib sampai berbuka puasa namun setiap harinya ramai pengunjung.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter