INFORMASI :

Selamat Datang di Website Desa Tanjungsari Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen "  Dari dan Untuk Masyarakat Tanjungsari " Pelayanan Pukul 07.30 - 15.30 WIB

Melestarikan Budaya Sedekah Bumi Desa Tanjungsari

Melestarikan Budaya Sedekah Bumi Desa Tanjungsari

Melestarikan Budaya Sedekah Bumi Desa Tanjungsari

Sedekah Bumi adalah acara tradisi turun-temurun yang sudah dilaksanakan oleh warga masyarakat di Desa Tanjungsari, Kecamatan Kutowinangun, Kabupaten Kebumen. Sedekah Bumi merupakan bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas semua karunianya yang diberikan kepada warga. Salah satu Sesepuh Desa, H.Maryudi Abdulloh, mengatakan bahwa sedekah bumi adalah simbol penghormatan dan penghargaan masyarakat kepada Allah SWT  sebagai karunia kepada alam yang besar. “Tanah yang kita pijak setiap hari, kita buang kotoran di situ, kita tanam dan segala sesuatu yang kita lakukan maka kita perlu merawatnya dengan cara memberikan sedekah terhadap bumi kita ini”, 
Pelaksanaan Sedekah Bumi biasa dilaksanakan oleh masyarakat Desa Tanjungsari pada bulan Dzulqo’dah mengikuti kalender Jawa atau Hijriyah. 
Acara Sedekah bumi sudah merupakan tradisi tahunan. Sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan sekaligus juga sebagai doa permohonan masyarakat Desa Tanjungsari umumnya diberikan keselamatan, kesehatan, rizki yang melimpah, serta dijauhkan dari bala/ wabah pandemic yang sedang melanda Indonesia.
Pelaksanaan Sedekah Bumi melibatkan semua elemen masyarakat, mulai dari perangakt desa, para Ketua Rukun Tetangga, Ketua Rukun Warga (RW), tokoh masyarakat, tokoh agama dan perempuan dan masyarakat desa.
Sedekah Bumi ini sudah dipersiapkan sebulan sebelum dilaksanakan. Pemerintah desa mengadakan musyawarah desa yang dihadiri oleh lembaga lembaga desa, RT, RW, tokoh masyarakat, tokoh agama secara perwakilan dan perwakilan dari perempuan. dalam musyawarah itu dicapai mufakat untuk kapan dan bagaimana akan dilaksanakan di tingkat desa, tingkat dusun dan tingkat Rukun Tetangga. Dan pembagian peran siapa melakukan apa. Selanjutnya para Kepala Dusun mengundang kepada para Ketua RT dan Ketua RW di tingkat dusun untuk membahas pelaksanaan di tingkat dusun. Dan selanjutnya para Ketua RT melanjutkan musyawarah di tingkat lingkungan RT terkait bagaimana pelaksanaan di tingkat lingkungan RT dan rencana anggaran biaya serta prosesnya. Pada musyawarah di tingkat RT ini juga pembentukan panitia sedekah bumi tingkat lingkungan RT.
Dalam acara Sedekah Bumi setiap lingkungan memasak gulai kambing serta menyiapkan serangkaian sesaji untuk leluhur di Desa Tanjungsari. Setelah proses memasak selesai, panitia tingkat dusun membunyikan kentongan sebagai tanda bahwa proses ritual Sedekah bumi sudah dapat dimulai dan sekaligus sebagai tanda mengundang warga masyarakat untuk berkumpul di tempat yang telah disiapkan. Diawali dari pembawa acara dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Dusun, sambutan dari sesepuh desa, terakhir doa bersama dan dilanjutkan dengan menyantap hidangan gulai kambing.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Pemkab Kebumen Raih Penghargaan literasi Nasional dari Nyalanesia
Konsen Beri Perlindungan Terhadap PMI, Pemkab Kebumen Dapat Penghargaan dari Kemenlu
Bupati Kebumen Siap Tindaklanjuti Rekomendasi dari DPRD Atas LKPJ 2023
Pemkab Kebumen Raih Penghargaan BKN  Terkait Pertek Pegawai Pensiun
POPDA Se Karesidenen Kedu Resmi Dibuka di Kebumen, Diikuti 834 Peserta

Arsip Berita

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2